Tahukah Anda bahwa sesungguhnya manfaat minyak kemiri untuk rambut tidak saja pada yang sudah mulai beruban alias memutih tapi manfaat lain dari kemiri salah satunya adalah untuk mengurangi rambut rontok. Berikut ini penjelasannya.

Minyak kemiri adalah salah satu produk olahan dari biji kemiri yang paling banyak digunakan untuk perawatan rambut. Biji buah kemiri memiliki kandungan nutrisi yang cukup beragam seperti protein, Zat Besi, lemak tak jenuh, serta vitamin B1. Protein sangat penting bagi rambut, selain sebagai bahan dasar rambut, protein sangat penting untuk memperbaiki sel-sel rambut yang rusak. Sehingga apabila tubuh kekurangan protein salah satu akibatnya rambut akan mengalami kerontokan. Biji kemiri yang sudah diolah menjadi minyak, apabila dipakai secara rutin maka bermanfaat sebagai berikut :

  1. Menyuburkan dan melebatkan Rambut. Kandungan protein dalam biji kemiri yang tinggi dapat memperbaiki sel-sel rambut yang rusak sehingga merangsang tumbuhnya rambut yang baru. Sehingga tidak heran jika banyak produk penumbuh rambut yang menggunakan bahan dasar biji kemiri ini.
  2. Mencegah dan mengatasi kerontokan rambut. Zat Besi yang terkandung didalamnya membuat rambut menjadi lebih kuat sehingga rambut tidak mudah rapuh dan kemudian rontok atau putus.
  3. Menumbuhkan Rambut. Dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian-bagian tubuh tertentu, misalnya pada bagian kulit kepala, dan alis dipercaya dapat merangsang pertumbuhan rambut di daerah tersebut menjadi lebih cepat
  4. Menghitamkan Rambut. Minyak kemiri memiliki kemampuan untuk membuat rambut menjadi lebih hitam dan berkilau

Walaupun banyak produk minyak kemiri yang dijual bebas dalam bentuk kemasan tapi disarankan untuk menggunakan minyak kemiri yang asli dan akan lebih bagus lagi jika minyak kemiri itu kita olah sendiri sehingga yakin dengan kandungan yang ada didalamnya. Tetapi jika kita tidak mempunyai cukup waktu untuk membuatnya ada banyak produk herbal minyak kemiri.

Ashitaba (Angelica Keiskei Koidzumi) merupakan tanaman sejenis seledri yang berasal dari Jepang dan dikenal sebagai seledri Jepang, tanaman ini hanya bisa ditanam di ketinggian minimal 1200 MDPL. Ashitaba ini banyak sekali manfaatnya, salah satunya adalah manfaat bagi rambut dan kulit kepala yaitu dapat melembabkan dan meminyaki kulit serta merangsang pertumbuhan rambut dan rambut yang tumbuh akan menjadi bercahaya, lebat dan kuat, selain itu rambut tidak mudah kering dan rapuh.

Sumber:
NUTRISIRAMBUT.COM