Minyak kemiri (yang biasa juga dikenal macadamia) telah sering digunakan untuk banyak hal dalam beberapa tahun ini. Belakangan malah makin banyak orang membicarakan tentang manfaat sehat dari kacang-kacangan ini, yang bukan hanya kacang berdinding keras. Ada banyak manfaat kesehatan, kecantikan dan masakan dari kacang kemiri.

Dari Mana Asalnya Minyak Kemiri dan Apa Yang Membuatnya Begitu Penting?

Pohon Kemiri itu ternyata pohon yang besar, berasal dari Madagascar dan Australia. Walau di sanalah tanaman Macadamia Ternifolia atau tanaman kacang kemiri itu berasal, sekarang bisa juga ditemukan di daerah lain seperti Florida, California, Mexico dan Israel diantaranya. Minyak kemiri itu diperoleh dari daging kacang kemiri dan banyak orang telah menggunakannya untuk memasak karena bisa menambah rasa kacang-kacangan pada masakan. Mereka yang menggunakan minyak kemiri sebagai pengganti minyak zaitun akan mendapatkan banyak manfaat alaminya karena minyak kemiri banyak mengandung vitamin dan mineral, seperti Thiamine, Vitamin A, Iron, Niacin dan Vitamin E.

Minyak kemiri mengandung setidaknya 80% lemak tak jenuh, yang biasa disebut ‘lemak baik’. Lemak baik ini akan membantu menjaga kolesterol tubuh, menurunkan nilai LDL (nilai kolesterol buruk) dan meningkatkan nilai HDL (nilai kolesterol baik). Tidak hanya itu saja kandungan nutrisi yang terdapat dalam minyak kemiri. Minyak alami ini juga banyak mengandung vitamin E, vitamin yang memang dikenal bagus untuk kulit, kuku dan mempercepat penyembuhan luka.

Minyak kemiri ini juga kaya akan protein dan lemak Omega-3 yang bagus untuk mereka yang punya masalah jantung dan migraine (sakit kepala sebelah). Minyak ini juga baik untuk mengatasi depresi, arthritis, keram saat menstruasi, dan sebagai imun-booster alami. Minyak berwarna keemasan ini juga mengandung lemak Omega-6 yang bagus untuk metabolisme tubuh, pertumbuhan kuku dan rambut, juga fungsi organ. Juga mengandung antioksidan dan dapat digunakan sebagai bahan pengawet alami yang bisa tahan hingga jangka waktu 2 tahun.

Apa Efek Minyak Kemiri Untuk Kita?

Jika kita punya alergi terhadap kacang, bisa jadi kita juga alergi terhadap minyaknya, terutama saat mengkonsumsi. Untuk lebih pastinya, sebaiknya kita berkonsultasi dulu ke dokter dan coba dalam takaran kecil untuk melihat bagaimana reaksi tubuh kita.

Minyak banyak digunakan secara topikal (dioleskan di kulit). Orang-orang menggunakan minyak kemiri untuk rambut. Kandungan vitamin dan asal lemak dari minyak itu bermanfaat untuk mengembalikan kemilau dan kelembaban rambut, dan bisa memperbaiki kerusakan rambut.

Minyak kemiri juga bisa meredakan rasa sakit terbakar matahari (sunburn). Banyak juga yang suka menggunakan minyak ini sebagai minyak pijat karena teksturnya yang tidak terlalu berminyak seperti minyak lain dan aroma kacangnya yang enak. Para wanita yang sedang hamil juga suka mengoleskan minyak ini di perut untuk mengurangi munculnya stretch marks. Minyak alami ini bisa merawat kulit hingga lapisan kulit bawah dan sering disebut minyak yang hilang karena kulit bisa menyerap minyak ini dengan cepat. Minyak ini kaya akan asam lemak, protein dan vitamin sehingga sering digunakan dalam formula krim dan losion kulit. Bermanfaat memperbaiki kerusakan kulit dan punya efek anti-aging (anti penuaan kulit). Daripada mengunakan krim anti-aging dengan bahan kimia, lebih baik menggunakan minyak alami ini, efeknya lebih bagus dan lebih menyehatkan.

Sumber:
BLOG ARTIKEL PEDULI KESEHATAN